New Roller Rocker Arm
New Roller Rocker Arm
Sebagai produk pelopor teknologi bidang
otomotif masa kini, Honda telah melengkapi produknya dengan Roller Rocker Arm.
Bagaimana cara atau sistem kerjanya?Untuk menjadikan tenaga pada motor bakar, tenaga yang
dihasilkan berasal dari pembakaran di dalam cylinder, campuran bahan bakar dan
udara dibakar di dalam ruang tertutup. Model pembakaran ini mendorong piston meluncur dan menggerakkan
crankshaft yang kemudian dengan suatu mekanisme menggerakkan roda. Campuran
bahan bakar udara serta hasil gas sisa pembakaran masuk dan keluar melalui
katup atau klep yang digerakkan oleh camshaft, baik klep buang maupun klep
isap.
Pada engine tipe SOHC (Single Over Head
Camshaft) untuk mengoperasikan klep camshaft dibantu dengan sebuah part
pengungkit yang disebut rocker arm, yakni merupakan part dengan sebuah poros
yang melintang di tengah batang. Sebuah ujungnya mendapat tekanan dari camshaft
yang berputar, sedangkan unjung yang lain akan menekan batang klep bila salah
satu ujung mendapat tekanan camshaft. Pada ujung yang ditekan camshaft ini,
batang rocker arm berbentuk seperti sepatu dengan bidang berupa busur
lingkaran.
Bidang tersebut mendapat tekanan yang hebat dan akan aus akibat gesekan
yang terjadi. Selain kerusakan part akibat gesekan, kehilangan tenaga untuk operasional buka tutup klep juga besar.
Akibatnya tenaga engine yang dapat disalurkan ke roda belakang juga banyak
berkurang.
Maka untuk mengurangi resiko itu, Honda
mengembangkan teknologi roller rocker arm. Pada teknologi, bidang
gesek diganti dengan sebuah roller (semacam leher atau ring tebal yang dapat
berputar). Dengan adanya bidang roller tersebut tidak terjadi gesekan antara
rocker arm dengan camshaft. Sehingga tenaga operasional klep juga menjadi jauh
lebih kecil, di sisi lain part (camsaft dan rocker arm) menjadi jauh lebih awet
dibadingkan yang bergesekan. Teknologi Roller Rocker Arm sendiri telah di
terapkan Honda di Indonesia sejak awal tahun 2000. Di mana saat ini merk lain
masih belum banyak menggunakannya.
“Untuk lebih mudahnya, mari kita analogikan
kursi dengan roda dan kursi tanpa roda dengan seorang yang duduk di atas
kursi,”. Roller rocker arm ibarat sebuah kursi roda, walaupun mendapatkan beban
yang sama besar tetapi mendorong sebuah kursi roda jauh lebih ringan dan mudah
dibandingkan kursi tanpa roda. Sehingga lantai dan alas kaki kursi juga jauh
lebih awet.
Pada generasi baru ini bidang gesek pada poros rocker arm dengan batang
rocker arm dilengkapi dengan bantalan bambu (Needle Bearing). Dengan
adanya needle bearing ini tentunya gesekan yang terjadi semakin minim, sehingga
tenaga engine semakin besar dan engine semakin awet. Supra
X 125 Helm In merupakan motor pertama yang menggunakan roller rocker arm model
terbaru dengan teknologi New rocker arm
di atas…? tarikannya joss atau tidak…....
ya bagi yang sudah nyoba bisa utarakan di kolom komentar.
0 komentar:
Posting Komentar