Trik Mengatasi Motor Injeksi Mogok
Pernahkah Anda
mengalami motor mogok ketika bepergian ?. Motor mogok tiba-tiba memang membuat
pusing. Jika motor sobat merupakan motor sistem karburator, tekniknya mudah
saja. Posisikan gigi motor serendah mungkin, misalnya gigi 2, kemudian motor
didorong agar putaran roda bisa memutar mesin.
Trik ini terbilang
yang paling populer dan sering berhasil, namun mesin baru mau hidup bila
kondisi pengapian normal serta bensin di tangki dan karburator ada.
Tujuan langkah itu
sebenarnya untuk memudahkan gas bakar terisap piston yang bergerak lebih cepat.
Tak ketinggalan ada pula cara yang terbilang kuno,
yaitu dengan mendorong motor. Hal ini biasa dilakukan bila kemampuan aki lemah.
Bahkan bila dilakukan pakai kick starter tetap sulit, lantaran ada masalah di
ruang bakar atau ada komponen pengapian lemah.
Untuk menghidupkan
mesin memang mesti didorong agar gas bakar yang mengandalkan gravitasi dan
kevakuman mudah terisap. Bahkan dengan putaran lebih tinggi, setrum dari sepul
ke aki bisa bikin normal. Tapi, kalau bisa jangan sering dilakukan.
" Nah terus
bagaimana bila yang mogok itu motor injeksi ?"
Motor injeksi yang
ramai di pasaran saat ini. Menggingat tunggangan sarat teknologi itu didukung
komponen dan sensor elektrik presisi juga sensitif. Motor injeksi bukan cuma
mudah nyala, irit bensin juga ramah lingkungan.
Motor injeksi memang
sebisa mungkin menghindari untuk didorong, lantaran komponen kelistrikan serta
ECM (Elektronic Control Module) yang didukung sensor itu memang membutuhkan
setrum.
Motor injeksi pakai kick
stater bisa dipakai bila aki lagi tekor.
Agar tidak mogok di
jalan pastikan kondisi aki di motor tetap prima. Sehingga bilamana motor
injeksi bermasalah di jalan, pemilik tidak harus repot mendorong layaknya macam
motor biasa.
Menghidupkan mesin
motor injeksi dengan cara didorong percuma juga. Apalagi kalau aki benar-benar
tekor atau soak. Biasanya bukan cuma bikin kerja pompa bensin yang bertugas
menekan dan menyemburkan bensin lewat injektor nggak aktif. Tapi, juga
sensor-sensor pendukung ECM enggak bertugas semestinya.
Selama lampu indikator
enggak kasih signal tanda sensor di motor aman-aman saja, motor injeksi
sejatinya enggak perlu didorong. Sebab aki lemah penyebab mesin sulit hidup,
masih bisa diakali menggunakan kick starter dengan menyelah berulang-ulang.
Dengan menekan kick
starter berulang-ulang, aki tekor bisa terisi setrum kembali. Nah, setrum tersimpan
itulah yang nanti membantu proses menghidupkan komponen FI serta
sensor-sensornya
0 komentar:
Posting Komentar