.
Selamat Datang di Blog BAMBANG - AR

Akselerasi (Percepatan) Atau Top Speed (Kecepatan) Motor Matic

Motor yang sering digunakan pastinya membutuhkan perawatan agar performa tetap prima dan nyaman setiap saat. Termasuk juga motor matic, walaupun terlihat lebih simpel dikendarai bukan berarti matic tidak membutuhkan perhatian serta perawatan.Terkadang motor matic yang sudah lama tidak di rawat tarikannya menjadi kurang enak dan kurang resposive. Jika itu terjadi biasanya bagian roller motor matic sedang bermasalah. Bisa jadi bentuk roller sudah tidak bulat lagi sehingga harus segera diganti dengan yang baru guna memperbaiki performa motor.
Salah satu komponen vital di dalam system CVT motor matic, yaitu roller motor matic, adalah sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer pada sepeda motor jenis matic. Motor jenis matic menggunakan penghubung berupa drivebelt yang bertumpu pada pulley. Nah roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.
Pulley depan adalah sistem kerjanya sama seperti gear depan pada motor jenis manual, pulley belakang adalah gear belakang. Sedangkan drive belt itu ibarat rantainya. Kalau sempat memperhatikan mekanik membongkar bagian CVT motor, roller letaknya di pulley depan. bentuk roller pada motor matic adalah bundar kecil. Fungsi dari bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari pulley. Roller ini ada batasan umurnya juga. Bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya mengganti Roller motor matic kesayangan.
Kalau motor jenis manual biasa bisa diutak atik performanya dengan mengganti gir depan dan belakang, maka motor matic bisa dioprek juga dengan mengganti rollernya. Dengan mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi dengan menggunakan roller matic racing terbaik.
Fungsi Roller pada Motor Matic
Sebelum berbagi tips cara memperbaiki Roller Matic, alangkah baiknya ,mengetahui fungsi roller untuk motor matic terlebih dahulu. Secara mendasar, fungsi roller pada matic adalah memberikan tekanan keluar pada variator sehingga dapat membuka dan memberikan perubahan lingkar diameter terhadap belt drive sehingga motor bisa bergerak. Sementara kinerja variator itu sendiri dipengaruhi oleh kualitas roller. Bentuk ideal roller haruslah bulat sempurna supaya mempermudah kerja variator. Roller biasanya terbuat dari Teflon yang licin, keras dan tahan panas.
Dalam menentukan roller matic terbaik itu sendiri akan dihadapkan dengan 2 pilihan. Lebih fokus pada Top Speed atau Akselerasi, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya kinerja variator amat bergantung pada roller.
Roller Akselerasi (Percepatan)
Sebagai rekomendasi, jika sering berkendara di jalanan kota yang macet, lebih sering stop & go dan jarak tempuh dekat, maka sebaiknya fokuskan pada Akselerasi. Roller yang ideal untuk akselerasi adalah yang memiliki berat ringan, jika standar roller beratnya 13 gram, bisa memiilih yang 12 gram atau kurang.
Roller Top Speed (Kecepatan)
Sebaliknya jika sering melakukan perjalanan jauh, antar kota atau sering touring, maka pilihan paling bijak adalah memfokuskan pada Top Speed. Roller Top Speed mengharuskan memilih roller yang lebih berat dari standarnya 13 gram. Dengan kata lain bisa memilih roller 14 gram atau lebih.
Tips dan Cara Merawat Roller Motor Matic
Untuk perawatan roller sendiri tidak terlalu sulit, cukup membersihkan roller secara rutin tiap kali servis. Alat yang digunakan bisa bensin dan kuas, bisa juga dengan kompresor untuk menghilangkan kotoran pada roller. Beberapa jenis matic juga membutuhkan pelumasan khusus bernama grease, pada rollernya sehingga harus lebih sering di rawat. Bagi yang ingin tahu cara mengganti roller motor matic dan juga cara memasang roller motor matic, berikut adalah tahap – tahapnya:
Bagi yang ingin mengganti roller yang rusak, berikut adalah tahap – tahapnya:
Persiapkan peralatan seperti kunci T 10mm, kunci T 8mm, model baut dan kunci 17mm dan juga roller baru / pengganti.
Pertama bisa membuka baut pengunci rumah puli denga kunci 17mm. Jangan lupa mengganjal rumah puli dengan baut 12mm dengan panjang 7cm yang diletakkan pada crank case.
Selanjutnya tarik keluar ring penganjal bushing rumah roller. Jangan lupa memasang kembali saat proses ganti roller tersebut sudah selesai. Ingat selalu posisi pasangnya sesudah kipas puli bagian keluar.
Selanjutnya bisa mengecek kondisi roller, jika roller dalam keadaan aus atau bentuknya sudah tidak bulat sempurna  bisa menggantinya  dengan yang baru.
Saat meletakan roller pengganti, coba perhatikan apakah sudah pas posisinya. Untuk roller rata (pakai satu ukuran berat) silahkan meletakkannya di tempat roller mana saja. Jika ingin kombinasi terbaiknya maka brader harus meletakan roller yang lebih ringan dibagian depan sebelum roller berat. Untuk roller yang ringan bisa brader posisikan sebelah kiri dan roller berat sebelah kanan.
Jika pemasangan roller selesai, brader bisa memasang kembali rumah roller ke posisi semula.
Setelah semua proses pemasangan selesai, jangan lupa untuk mengecek kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rata gigi as rumah roller.
Setelah semua sudah dirasa OK, bisa mengencangkan baut pengunci rumah roller. Gunakan baut pengganjal rumah roller untuk menghentikan agar rumah rumah puli tidak ikut memutar. Kali ini posisikan baut menghadap crank case bagian bawah.
Demikian ulasan mengenai Roller Motor Matic, semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar